Partisipasi BlankOn dalam peluncuran Penyelenggara Sertifikat Elektronik Induk Nasional

Wed, 03 Dec 2014

BlankonLinux, Jakarta.

Selasa, 2 Desember 2014 TIm Pengembang Blankon Linux diminta untuk mengadiri peluncuran Penyelenggara Sertifikat Elektronik Induk Nasional. Bertempat di Audatorium BPPT. Acara ini dihadiri oleh perwakilan instansi pemerintah, milites, institusi pendidikan, mahasiswa, dan LSM. Tim BlankOn hadir sebagai pihak yang ikut memberikan testimoni pemakaian Sertifikat Elektronik Induk Nasional. 

Sertifikat Elektronik adalah sertifikat yang bersifat elektronik  yang memuat Tanda Tangan Elektronik dan identitas yang menunjukkan status subjek hukum para pihak dalam Transaksi Elektronik yang  dikeluarkan oleh Penyelenggara Sertifikasi Elektronik. Sertifikat ini dibutuhkan demi keamaanan setiap transaksi eleteronik. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 82  Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik dalam  Layanan Keuangan Digital.
 
Pemaparan pastisipasi BlankOn langsung disampaikan oleh Direktur Eksekutif Blankon, Bapak Mohammad Dhani Anwari.

Dalam pemaparannya di slide sharebeliau menjelaskan tentang proyek blankon dan bagian mana pastisipasi BlankOn
Dalam kesempatan ini dibagikan DVD Pemasang BlankOn kepada setiap peserta yang hadir. dan diumumkannya Blankon sebagai sistem operasi desktop pertama dan Ridon sebagai sistem operasi mobile pertama yang menerapkan ROOT CA Indonesia di dunia. (estu)

Catatan Rilis BlankOn 9.1

Mon, 10 Nov 2014

Di tengah gegap gempita peringatan Hari Pahlawan, Tim Pengembang BlankOn meluncurkan BlankOn 9.1 Suroboyo di Internet, Selasa (11/11) sebagai bentuk memperingati hari Pahlawan. Peluncuran produk anak negeri ini sekaligus ajakan untuk bangkit dan terus berkarya dengan penuh semangat, meski dalam kondisi yang sulit sekalipun.


    Rilis 9.1 ini mendukung arsitektur i386 dan amd64 yang sekaligus sebagai bentuk perjuangan anak bangsa untuk dapat mandiri didalam bidang perangkat lunak maupun perangkat keras. Dengan adanya rilis ini diharapkan masyarakat dapat turut serta kontribusi di dalam proyek BlankOn. Daftar fitur-fitur baru untuk rilis 9.1 di antaranya :


1. Libreoffice terbaru LibreOffice 1:4.1.5-1blankon0.9.0
2. Perbaikan dukungan berbagi berkas dengan samba versi 2:4.1.4+dfsg-3
3. Tampilan background grub dengan wallpaper BlankOn.
4. Chromium versi terbaru  chromium 32.0.1700.123-2blankon0.9.0.1
5.  Tampilan plymouth lebih segar dan terbaru yakni versi plymouth theme 0.5

Unduh Live DVD
Anda bisa mengunduh BlankOn 9.1 di :


http://cdimage.blankonlinux.or.id/blankon/rilis/9.1/


Konfigurasi perangkat keras minimal untuk dapat menjalankan BlankOn 9.1 dengan nyaman adalah:


• CPU 1 GHz, tersedia dalam i386 dan amd64
• RAM 1 GB
• Ruang hard disk 15 GB
• VGA 256 MB


Bila Anda lebih banyak melakukan kegiatan meramban web dan aplikasi perkantoran yang intensif, lebih baik lagi untuk meningkatkan perangkat keras Anda.


tertanda,
PLH Manager Rilis

Muhammad Miftakhul Syaikhuddin
Mentor : Rahman Yusri Aftian