Mengenalkan Komputer Melalui GCompris

BERITA

Kegiatan implementasi TIK untuk Pendidikan di Sekolah Dasar Farol, Dili, Timor Leste resmi dibuka hari Rabu 30 November 2011 oleh kepala sekolah SD Farol, ibu Irene. Pelatihan yang rencananya akan diikuti oleh 15 murid dan 7 guru ini dimulai dengan perkenalan perangkat komputer, dari nama-nama perangkat komputer sampai cara menghidupkan dan mematikan komputer.

Untuk mulai mengenal pengoperasian komputer, berinteraksi dengan komputer menggunakan keyboard dan mouse, para peserta diberikan materi untuk menggunakan perangkat lunak GCompris, perangkat lunak pendidikan untuk anak- anak dengan konsep bermain sambil belajar. GCompris sendiri sudah ada dalam distribusi Linux BlankOn Edukasaun yang dikembangkan oleh pengembang BlankOn hasil kerjasama dengan AirPutih dalam rangka implementasi TIK untuk Pendidikan di Timor Leste.

Fitur-fitur GCompris sangat cocok untuk anak-anak, antar muka yang lebih banyak menggunakan gambar memudahkan anak-anak untuk memahami cara kerja perangkat lunak GCompris. Permainan yang disediakan oleh GCompris juga sangat banyak dan beragam, mulai dari permainan mengetik sampai permainan enggambar menggunakan mouse.


Author : Humas

Editor : Humas

Categories : berita

Tags : berita